Cara Membuat 1 CPU 3 Monitor dengan Mudah

Pengetahuan dunia |
Cara Membuat 1 CPU 3 Monitor dengan Mudah | Menggunakan 1 monitor tentu sudah tidak abnormal lagi jikalau anda melihat yang menyerupai itu. Akan tetapi jikalau anda melihat dengan 2 monitor bahkan menggunakan 3 monitor atau lebih. Anda akan sering melihat yang menyerupai ini pada komputer orang luar negeri menyerupai Amerika dan sangat jarang sekali orang Indonesia menggunakan monitor lebih dari 2 monitor. Ada dua kemungkinan mengapa di Indonesia sangat jarang sekali orang menggunakan 2 monitor atau lebih. Yang pertama bisa jadi tidak tahu cara membuatnya dan yang kedua mungkin saja belum membutuhkan 2 monitor sehingga tidak menggunakannya. Sebenarnya aneka macam manfaat menggunakan monitor lebih dari 1 monitor.

Nah bagi anda yang penasaran apa sih manfaat menggunakan lebih dari 1 monitor , bukankah dengan menggunakan 1 monitor sudah cukup lalau mengapa harus menggunakan lebih dari 1 monitor. Berikut manfaat menggunakan lebih dari 1 monitor pada cpu anda yang mungkin saja anda tertarik menggunakan 1 cpu 3 monitor pada komputer anda.

Manfaat Menggunakan 1 CPU 3 Monitor

Cara Membuat 1 CPU 3 Monitor dengan Mudah
  • Bekerja Sambil Dihibur : Mungkin sebagian besar orang tidak dapat menghibur diri sendiri ketika dalam keadaan bekerja. Akan tetapi jikalau menggunakan lebih dari 1 monitor apapun bisa dilakukan menyerupai menghibur diri. Contohnya saja ketika anda menggunakan 2 monitor dan monitor A anda gunakan untuk mendesai dan monitor B anda gunakan untuk menonton video. Hal menyerupai ini tidak mungkin anda dapatkan jikalau anda hanya menggunakan 1 monitor saja.
  • Memudahkan Proses Input Data : Manfaat berikutnya yang akan anda dapatkan yaitu mudahnya mengiput data. Dari pada anda harus mencetak data yang ingin anda iput anda bisa gunakan monitor kedua untuk menampilkan data yang ada dan anda bisa menggunakan monitor pertama untuk melaksanakan proses input. Dengan menggunakan lebih dari 1 monitor anda hanya tinggal menoleh saja tanpa harus anda print data yang ingin anda input.
  • Menguji Resolusi Monitor yang Berbeda : Mungkin ini sangat cocok bagi anda yang berprofesi sebagai desainer. Jika anda seorang desainer anda pasti menyadari hal ini alasannya jikalau beda resolusi akan beda pula hasil warna pada desain anda. Sebagai pola bila anda mendesain gambar dengan menggunakan resolusi 1024 x 768 maka jikalau hasil gambar tersebut ditampilkan pada resolusi 1280 x 800 tentu saja kesannya akan berbeda. Tentu sangat merepotikan jikalau setiap kali ingin melihat kesannya harus mengganti settingan resolusi monitor anda tiap dikala , dengan menggunakan 2 monitor anda bisa pribadi melihat kesannya dimana setiap monitor resolusinya berbeda. Anda juga bisa melaksanakan uji warna pada kedua monitor , misalnya pada monitor pertama menggunakan CTR dan pada monitor kedua menggunakan LCD.
  • Menjalankan 2 Browser Berbeda :  Setiap browser memiliki keunggulannya masing-masing dimana untuk hal membuka youtube , Google Chrome lah yang bisa anda andalkan dibandingkan dengan IE. Begitu juga dengan Firefox yang segi fungsionalitasnya lebih baik dari pada IE. Jika menyerupai ini tentu sangat nyaman sekali jikalau anda menggunakan 2 monitor atau lebih pada cpu anda dimana monitor pertama anda buat untuk menontoh youtube dengan menggunakan Google Chrome dan monitor kedua anda buat untuk browsing dengan menggunakan Firefox.
  • Bekerja Sambil Memantau : Contohnya menyerupai ini , ketika anda sedang mendesain dan pada waktu yang bersamaan anda sedang chat dengan calon pembeli desain anda di facebook. Untuk memantau chat tersebut tidak mungkin anda mengecilkan layar photoshop yang anda gunakan untuk mendesain. Tentu lebih bagus jikalau facebook yang anda gunakan untuk chat ini anda pindahkan ke monitor kedua.

Membuat 1 CPU 3 Monitor dengan Mudah

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa anda peroleh jikalau anda menggunakan monitor lebih dari satu. Semua orang memiliki alasan mengapa harus menggunakan lebih dari 1 monitor baik itu untuk bermain game atau untuk keperluan pekerjaan sehingga pekerjaannya lebih cepat dan membantu pekerjaan yang sedang dikerjakan.

Bagi anda yang ingin tahu bagaimana caranya membuat 1 cpu 3 monitor anda bisa simak ulasan dibawah ini. Untuk mendukung pemahaman anda , pada bab final artikel ada beberapa video yang mungkin bermanfaat untuk anda dalam duduk perkara cara membuat 1 cpu 3 monitor. Berikut ini ulasannya.

Cara Membuat 1 CPU 3 Monitor dengan Mudah

1. Pertama-tama sediakan 3 monitor (yang penting lebih dari 1 monitor) yang memiliki port DVI dan port display dan juga memiliki resolusi yang sama. Untuk info monitor terbaik untuk digunakan multi-monitor anda bisa cari info di amazon.
2. Berikutnya Video card yang mendukung setidaknya 3 monitor dengan software multi-monitor.
3. Video card dengan port display dan dua port DVI serta video card dengan total port tersebut. Atau anda bisa gunakan video card khusus untuk digunakan untuk multi-monitor atau beberapa monitor dengan full port adaptor.

Cara Membuat 1 CPU 3 Monitor dengan Mudah

Cara Membuat 1 CPU 3 Monitor dengan Mudah

Cara Membuat 1 CPU 3 Monitor dengan Mudah

4. Stand yang dapat digunakan untuk 3 monitor.

Cara Membuat 1 CPU 3 Monitor dengan Mudah

5. Dua kabel DVI to DVI kabel video dan satu kabel port display.

Cara Membuat 1 CPU 3 Monitor dengan Mudah
Cara Membuat 1 CPU 3 Monitor dengan Mudah

Cara Membuat 3 Monitor

1. Pertama-tama yang perlu anda lakukan yaitu menyediakan semua peralatan yang diingikan untuk membuat 3 monitor dalam 1 cpu. Jika anda menggunakan monitor dimana monitor tersebut tidak memiliki cukup port maka anda bisa menghubungkannya dengan menggunakan adapter.

Cara Membuat 1 CPU 3 Monitor dengan Mudah

Cara Membuat 1 CPU 3 Monitor dengan Mudah

2. Langkah berikutnya yaitu menghubungkan semua monitor dengan video card. Dua monitor bisa anda hubungkan dengan menggunakan DVI dan yang ketiga anda bisa gunakan port display. Jika monitor anda semuanya memiliki port display dan video card , dan anda juga memiliki tiga port display. Maka anda dapat menggabungkan ketiga monitor dengan menggunakan port display. Perlu anda ketahui bahwa video card AMD/Radeon bisa anda gunakan hingga 3 atau lebih port akan tetapi video card Nvidia hanya dapat digunakan satu prot saja , akan tetapi bisa digunakan dengan dua port DVI.
Setelah semua monitor anda terhubung maka langkah selanjutnya yaitu pergi ke control panel software video card dan anda aktifkan opsi multi-monitor. Berikutnya anda bisa mengatur desktop ke extended mode dan mengatur resolusi monitor sesuai yang anda inginkan. Berikut cara setup video card dari Nvidia Surround dan Eyefinity.

AMD Eyefinity
Yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu yaitu 3 monitor compatible yang dapat suport dengan teknologi AMD Eyefinity mode , DVI konektor dan panel dengan kualitas yang cocok. Anda juga bisa menggunakan lebih dari 3 model monitor. Disini yang perlu anda perhatikan yaitu susunan settingan Eyefinity untuk 3 hingga 6 monitor.
gambar9
Karena hampir semua jenis Radeon , maka sistem Eyefinity mengharuskan anda untuk menggunakan setidaknya hanya satu output display port , dengan keadaan menyerupai ini maka anda hanya memiliki dua pilihan yaitu pilihan pertama anda harus menggunakan monitor capable display port atau yang kedua dengan menggunakan display port aktif untuk DVI bersama dengan monitor DVI standart.

Cara Membuat 1 CPU 3 Monitor dengan Mudah

Setelah anda selesai mengatur posisi monitor yang anda inginkan maka selanjutkan anda harus menginstall driver Catalyst. Setelah anda berhasil menginstall maka anda masuk ke Catalyst Control Center , lalu anda buka menu Desktops and Displays lalu anda klik salah satu monitor yang ingin anda jadikan sebagai main display kemudian pilih Display Group dan klik Create Group.

Cara Membuat 1 CPU 3 Monitor dengan Mudah

Maka CCC akan menciptakan tampilan desktop dari 3 monitor anda. Silahkan anda men-tweak tata letak untuk mengkompensasikan bezel pada setiap layar.

Nvidia Surround
Nah untuk cara yang kedua anda bisa pribadi membaca blog yang bersangkutan yang kontennya berbahasa inggris. Makara untuk membacanya anda harus memiliki kemampuan bahasa inggris ya. Silahkan pribadi cek http://www.geforce.com/whats-new/guides/how-to-correctly-configure-geforce-gtx-680-surround

Itulah tahapan membuat 1 cpu 3 monitor yang terbilang cukup rumit bagi orang awam. Akan tetapi jikalau anda sudah terbiasa membuat multi monitor maka tidak akan ada duduk perkara untuk anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang sedang mencari info perihal membuat multi monitor pada 1 cpu.







Load disqus comments

0 komentar